Scroll To Top
News Trending

Jenis-jenis Bahan Pakaian dan Cara Perawatannya



Industri fashion saat ini telah berkembang pesat. Beragam corak dan model terus tercipta setiap harinya. Begitu pun dengan bahan pakaian masa kini. Mereka yang paham dengan dunia mode mungkin sudah hafal dan mengenal jenis-jenis bahan pakaian yang dimilikinya. Namun, bagaimana dengan mereka yang masih awam dengan bahan pakaian?

Memiliki beragam jenis pakaian dan bahan yang berbeda, perawatannya pun tidak bisa disamaratakan. Berikut ini Wearhouse ingin berbagi perkenalan dengan bahan pakaian dan cara merawatnya.

Bahan Wol

Merawat pakaian dengan bahan ini terbilang cukup sulit. Bahan kain wol yang kaya serat membuatnya cepat menyerap noda dan susah dibersihkan. Cara mencucinya pun tidak bisa dengan sembarangan disikat karena akan membuat serat kain mencuat keluar dan tentunya dapat merusak tampilan baju. Cara terbaik untuk merawat pakaian berbahan wol adalah:

- Menggunakan deterjen khusus kain wol adalah cara terbaik untuk mencucinya,
- Letakkan busana dalam tempat yang mendatar saat menjemurnya,
- Saat menyetrika, gunakan kain lembab yang ditaruh di bagian bawah untuk menghindari kain wol agar tidak berwarna mengkilap,
- Untuk penyimpanan, pakaian wol sebaiknya disimpan dalam keadaan dilipat rapi.


Bahan Sutera

Bahan sutera merupakan salah satu jenis kain berkualitas tinggi dan memiliki harga di atas rata-rata. Meski demikian, pakaian berbahan sutera tak lekang menjadi favorit karena bahannya yang mampu membuat sang pemakai terlihat anggun dan elegan. Dalam merawat bahan ini harus memperhatikan hal-hal berikut:

> Gunakan deterjen khusus agar bahan kain lebih terjaga,
> Pilih menu delicate yang ada pada mesin cuci anda,
> Tambahkan pelembut jika diperlukan agar kehalusan dari kain sutera tetap terjaga baik,
> Jemurlah busana ini dengan mengangin-anginkannya,
> Pastikan setrika memiliki derajat panas yang sedang, jangan terlalu panas atau dingin.


Bahan Katun

Bahan katun merupakan bahan pakaian yang cukup umum dan banyak digunakan untuk beragam model. Bahan ini termasuk bahan favorit banyak orang karena kemampuannya menyerap keringat, apalagi di Indonesia yang beriklim tropis. Selain nyaman digunakan, perawatan kain katun cenderung lebih mudah dibanding bahan lainnya. Namun, tetap saja untuk perawatannya harus diperhatikan agar tidak memudarkan warna kain, yakni:

- Selalu usahakan untuk menggunakan air dingin,
- Hindari untuk merendamnya terlalu lama karena bisa merusak bahannya, baik merendam dengan air saja atau deterjen,
- Jangan menjemur kain katun di panas matahari secara langsung,
- Sebaiknya jemur busana ini di tempat yang teduh namun masih mendapat sedikit sinar matahari,
- Untuk menyimpannya, jangan melipatnya, lebih baik menggantungnya karena jenis kain katun mudah sekali kusut.

Bahan katun juga memiliki komposisi tersendiri yang tentunya berpengaruh pada harga. Bahan yang mengandung 100% katun tentunya lebih mahal dibanding yang hanya 30% saja.


Bahan Rayon Spandex

Atau biasa dikenal dengan nama bahan linen. Bahan ini memiliki keunggulan menyerap keringat yang lebih baik dan terasa dingin di kulit. Teksturnya juga lebih lembut dan tidak mudah kusut. Perawatan untuk bahan ini, yang harus dilakukan adalah:

- Pisahkan terlebih dahulu dengan pakaian yang kasar, karena bisa merusak tekstur lembut dari bahan spandex dan rayon,- Pisahkan pula antara baju yang berwarna muda dengan yang polos,- Rendam cucian secukupnya saja, kira-kira 20 menit,- Hindari mencuci dengan suhu 60 derajat celcius, karena bisa membuat kain cepat rusak,- Jangan menyikat atau memeraskanya dengan kuat,- Sebaiknya gunakan tangan daripada mesin cuci,- Setrika dengan suhu medium agar bahan tetap terjaga bagus,- Jangan menjemurnya di bawah matahari secara langsung,- Hindari untuk menggantunganya karena akan membuat baju lebih melar.

Bahan rayon spandex ini juga konon banyak digunakan oleh ibu-ibu pasca melahirkan karena elastis dan nyaman dikenakan.


Bahan Denim

Bahan ini juga sering menjadi favorit kawula muda. Umumnya dijadikan celana jeans karena warnanya netral dan bisa dipadupadankan dengan beragam jenis model atasan. Denim juga tak lekang dimakan waktu sejak zaman dahulu pertama kali ditemukan hingga era modern saat ini. Bahan ini juga unggul dalam hal tidak cepat kotor. Cara untuk merawat bahan denim adalah:

- Jangan mencucinya terlalu sering, karena akan membuat warna pudar,- Gunakan air dingin dan jemurlah dengan cara biasa,- Pakaian jenis ini memang terasa kaku, namun bisa awet dan tahan lama.

Bahan Baju Renang

Baju renang terbuat dari bahan khusus dan berbeda dari bahan pakaian pada umumnya. Selain itu, bahan pada baju renang sering terkena garam dan klorin yang berefek pada berkurangnya serat kain. Untuk perawatannya agar baju renang Anda senantiasa nyaman digunakan:

> Gunakan tangan untuk mencucinya,> Gunakan pula air dingin,> Selalu pastikan deterjen yang anda pakai lembut,> Jemur dengan mengangin-anginkannya agar tetap baik.> Jangan mencuci dengan air hangat

Demikianlah info dan tips yang Wearhouse berikan untuk hari ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda semua. Sedang mencari pakaian dengan bahan yang tercantum di atas? Silahkan kunjungi link kami di bawah ini:

- Blouse Korea


Sampai jumpa di artikel kami berikutnya!


Sumber: Blog Shopious

Share This:

No Comment to " Jenis-jenis Bahan Pakaian dan Cara Perawatannya "