Scroll To Top
News Trending

Tips: Merawat Tas Sesuai dengan Bahannya


Dear Sahabat Wearhouse,

Tas yang saat ini ada di pasaran terdiri dari beragam jenis bahan. Pada umumnya, bahan tas terbuat dari kulit asli/ sintetis, kanvas, kain, suede, rantai, dan vinyl. Cara perawatannya pun tentu berbeda-beda. Berikut ini Wearhouse ingin memberikan tips bagaimana cara merawat tas yang baik untuk berbagai jenis bahan, seperti dikutip dari Wolipop.

Kain
Mini vacuum cleaner adalah sarana pembersih yang tepat untuk tas berbahan kain yang kerangkanya kuat. Dengan alat tersebut, kotoran dan debu-debu dapat dibersihkan dengan baik. Jika tas tidak berangka kuat, maka dapat dibersihkan dengan air hangat yang dicampur dengan sedikit deterjen. Harap tidak mencuci dengan sikat karena dapat merusak kain, cukup dengan cara dikucek, lalu dibilas hingga bersih.

Patent Leather

Cairan seperti mineral oil, petroleum jelly, atau aseton dapat digunakan untuk membersihkan kotoran dan noda kecil pada tas berbahan ini. Tuangkan cairan pembersih yang digunakan ke atas sebuah kain yang lembut. Usapkan secara perlahan dengan tekanan ringan pada bagian yang terkena noda sampai benar-benar hilang.

Suede
Jika tas suede terkena noda kering, bisa dibersihkan dengan menggunakan penghapus pensil berbahan karet kenyal. Cukup sapukan penghapus pada bagian tas yang terkena noda.

Bila terkena noda yang basah, tempelkan handuk mandi pada bagian yang basah agar air terserap sampai kering, setelah itu baru Anda bisa menggunakan penghapus pensil. Jangan membersihkan bahan suede dengan produk penghapus noda seperti aseton karena bisa merusak bahan suede. Untuk finishing, sikat bahan suede dengan sikat khusus.

Rantai
Tas dengan aplikasi rantai juga memerlukan perhatian khusus. Bersihkan rantai dengan cara membungkus rantai dengan kain flanel, masukan kain ke dalam rantai kemudian tarik. Lakukan beberapa kali, dengan begitu tas pun akan jauh dari kotoran dan rantai akan tetap bersinar.


Kulit Sintetis
Saat ini ada beberapa toko tas yang juga menjual cairan pembersih khusus dengan harga relatif murah. Cairan ini sangat bagus diaplikasikan untuk membersihkan tas dari debu-debu dan kotoran, agar warna tas kembali cerah, serta tidak kumal. Selain itu, penting pula agar tas berbahan ini tidak terlalu lama terkena paparan sinar matahari, agar kulit tidak rapuh dan pecah. Sama halnya jika tas disimpan dalam waktu lama, harus diangin-anginkan secara berkala.

Demikian tips dari kami, semoga bermanfaat untuk sahabat semua.

Salam,
Wearhouse

Share This:

No Comment to " Tips: Merawat Tas Sesuai dengan Bahannya "