Scroll To Top
News Trending

Wednesday Wisdom: 5 Alasan Mengapa Cemburu itu Baik


Begitu mendengar kata cemburu, pada umumnya orang akan langsung berkonotasi negatif. Memang untuk sebagian besar kasus, rasa cemburu merupakan salah satu motif terbanyak mengapa seseorang berani menjahati atau bahkan bertindak kriminal. Namun, rasa cemburu ternyata tidaklah selalu buruk adanya, apabila individu tersebut mampu mengolah emosi negatif menjadi energi positif untuk membuat diri kita lebih maju dari orang lain.

Berikut ini pemaparan apa saja sih manfaat dari rasa cemburu?
1. Membuka langkah selanjutnya
Kita perlu mengetahui apa yang sebenarnya kita inginkan untuk mencapai tujuan, bukan? Kesadaran adalah kunci saat Anda mencoba mencapai tujuan, dan kecemburuan adalah salah satu indikator baik yang dapat membuat kita sadar kita menginginkan level kehidupan yang seperti apa. Kecemburuan menunjukkan apa yang tengah kita miliki saat ini sekaligus mengenali emosi kita sesungguhnya mengenai jalan hidup atau cita-cita. Di saat kita tidak merasakan kecemburuan, kita tidak tahu apa yang sebenarnya kita inginkan.

2. Mendorong kita membentuk koneksi
Saat kita melihat ada seseorang yang sudah melakukan apa yang ingin kita lakukan atau memiliki apa yang kita inginkan, kita justru harus mendekatinya dan membina hubungan baik. Dengan begitu, kita dapat "mencuri" ilmu yang mereka miliki dan menerapkannya. Tidak menutup kemungkinan, siapa tahu suatu hari kita bisa berkolaborasi? Ingat, bergurulah kepada mereka yang "lebih" dari kita.

3. Menjadi penasaran
Ketika rasa iri mulai datang menghampiri, putar balikkan rasa itu menjadi rasa penasaran yang positif. Jika kita rasanya segan untuk bertanya langsung kepada mereka yang sudah sukses, setidaknya munculkan rasa penasaran kita tentang mereka dan carilah kisahnya di Google. Dengan meneliti cerita mereka kita akan menemukan lebih banyak lagi cerita orang-orang yang berhasil sampai di level yang kita ingin capai. Kita akan menemukan tips-tips luar biasa yang memampukan kita mewujudkan mimpi.

4. Menunjukkan kemungkinan
Nyatanya memang masih banyak orang di dunia ini yang belum jelas tentang apa yang sebenarnya ingin mereka capai. Jadi, gunakanlah rasa cemburu itu untuk keuntungan kita. Dengan cemburu terhadap kesuksesan orang lain, kita akan melihat bahwa di dunia ini semua MUNGKIN terjadi. Tidak ada yang idak mungkin dan mereka yang sudah sukses hanya mempertegas bahwa segala kemungkinan itu ADA. Bahkan hal-hal yang tidak kita pikirkan sebelumnya.

5. Menuntun kita untuk semakin bersyukur
Jangan membuang atau menekan rasa cemburu kita. Sebaliknya, buatlah rasa itu sebagai cermin untuk melihat kembali apa yang sudah kita lakukan hingga sejauh ini dan bersyukurlah. Dan jika Anda merasa mulai blur dengan tujuan Anda, hubungilah teman/ sahabat Anda untuk membantu mengingatkan apa yang sudah Anda lalui hingga hari ini dan memberikan dukungan untuk langkah selanjutnya.

Ingatlah bahwa rumput hanya tumbuh subur di tempat Anda menyiraminya. Jadi, fokuslah pada apa yang ingin Anda capai, berikan perhatian lebih, dan lihat bagaimana perkembangannya.

Tidak selamanya yang baik itu baik, dan yang buruk itu buruk. 

Sumber: The Huffington Post



Share This:

No Comment to " Wednesday Wisdom: 5 Alasan Mengapa Cemburu itu Baik "